Tips Umroh dan Haji

Fakta Unik yang Akan Ditemui Saat Ibadah Umroh

Fakta Unik yang Akan Ditemui Saat Ibadah Umroh! Ibadah umroh bisa dibilang merupakan haji kecil karena merupakan kesatuan dari ibadah haji. Kegiatan umroh yaitu kegiatan ibadah yang terdiri dari tawaf memutari Kabah, sa’i dari Shofa ke Marwah, menggunakan ihram, dan serangkaian amalan lainnya.

Ada beberapa fakta unik yang harus kamu ketahui seputar ibadah umroh. Mari kita simak pembahasannya di bawah ini.

Luas Masjidil Haram

Luas Masjidil Haram pada saat ini 365.000 meter persegi. Direncanakan tahun 2020 akan diperluas menjadi 587.250 meter persegi. Jika kita melakukan umroh ke Masjidil Haram di hari biasa (bukan musim haji) dapat menampung sekitar 900 ribu orang.Namun di musim haji bisa menampung sampai 2 juta orang. Bahkan, saat ini sedang ditingkatkan kapasitasnya agar dapat menampung sampai 4 juta orang.

Ka’bah

Ka’bah merupakan bangunan kubus besar yang terdapat di dalam Masjidil Haram. Ka’bah didirikan pertama kali oleh Nabi Adam. Nabi Ibrahim menemukan kembali bangunan ini atas kuasa Allah dan mendirikan ulang dibantu oleh Nabi Ismail. Saat ini Ka’bah terbuat dari marmer dan granit, pintunya terbuat dari emas murni dengan berat 280 kilogram. Kain hitam yang menutupi Ka’bah disebut kiswah terbuat dari kain sutra terbaik dan tulisan kaligrafinya disulam menggunakan benang emas dan perak dengan berat 150 kilogram.

Thawaf

Thawaf merupakan salah satu rangkaian dalam ibadah umroh. Uniknya adalah ternyata thawaf sudah dilakukan sejak zaman sebelum Nabi Ibrahim. Gerakan thawaf meniru malaikat yang mengelilingi Kabah nurani di surga. Thawaf merupakan ritual penting dalam ibadah umroh karena merupakan simbol penyatuan gerakan alam semesta yang bergerak dengan cara berkeliling pada garis edarnya.

Sa’i

Sa’i dilakukan dengan berlari-lari kecil antara bukit Shafa dan Marwah Rangkaian umroh yang satu ini ternyata dilakukan untuk mengenang Hajar, istri Nabi Ibrahim, saat berjuang mencari air untuk bayinya yang kehausan, Ismail. Maknanya yaitu bahwa sesungguhnya Allah menghargai setiap perbuatan yang dilakukan oleh manusia walaupun manusia itu merasa gagal. Hasil yang diberikan oleh Allah bisa datang dari arah mana saja, tak terduga , karena tidak ada usaha yang sia-sia di hadapan Allah.

Air Zamzam

Satu hal yang akan mudah ditemukan saat umroh yaitu air zamzam. Ini merupakan sebuah keajaiban, karena jumlah airzamzam yang dibagikan saat ibadah umroh maupun haji mencapai jutaan liter. Airzamzam telah ada dari zaman sebelum Nabi Ibrahim. Hingga saat ini, air zamzam dijadikan sumber air bersih utama di kota Mekkah dan sumur zamzam tidak pernah mengalami kekeringan. Subhanallah.

Menghapuskan Dosa di Antara Dua Umroh

Apabila kita melakukan ibadah umroh pada sebuah kesempatan, dan akan melaksanakannya lagi pada kesempatan berikutnya, maka dosa dan kejelekan kita akan dihapuskan di antara kedua umroh tersebut.

Umroh dapat Melepaskan Kemiskinan

Pada saat kita berniat menjalankan ibadah umroh, luruskan niat kita hanya karena Allah, bukan untuk menjadi kaya, namun Allah yang akan menjadikanmu kaya. Ibadah umroh yang makbul dan mabrur insyaAllah dapat diterima oleh Allah.

Bahkan jika Allah berkehendak, semua dana yang telah digunakan dalam melakukan ibadah umroh akan diganti oleh Allah berkali lipat. Jangan lupa untuk mencari agen travel umroh terbaik. Anda bisa menggunakan Salam Tour – Travel Umroh, Haji Plus & Wisata Muslim.

Sekian pembahasan mengenai beberapa fakta unik yang berkaitan dengan ibadah umroh yang mungkin akan membuat hatimu merasa terpanggil untuk segera mengerjakannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *