Tips Umroh dan Haji

Hal Ini Wajib Dipersiapkan Sebelum Berangkat Umroh

Hal Ini Wajib Dipersiapkan Sebelum Berangkat Umroh! Sebelum Anda memulai untuk melakukan perjalanan umroh Anda di tanah suci, sebaiknya Anda memahami dan mempersiapkan hal-hal berikut ini:

Persiapan Fisik

Calon jemaah umroh wajib mempersiapkan kondisi tubuhnya agar tetap prima dan sehat. Persiapan fisik yang dapat dilakukan yaitu dengan rutin berolahraga. Tidak perlu yang terlalu berat, misalnya dengan melakukan jogging dan senam kebugaran.

Persiapan Rohani

Selain kondisi fisik yang sehat, kondisi mental pun harus dalam keadaan prima. Agar ibadah umroh yang dilakukan diterima oleh Allah SWT. Luruskan niat Anda semata-mata karena Allah.

Persiapan Logistik

Persiapan logistik merupakan persiapan umroh paling rumit dan memerlukan berbagai macam pertimbangan. Saat menyiapkan perlengkapan ibadah umroh, calon jemaah disarankan membawa perlengkapan yang sesuai dengan kebutuhan. Disarankan untuk membawa tas dan koper tidak lebih dari tiga buah, yakni koper besar, tas jinjing, serta tas kecil.

Mempelajari tentang ibadah umroh

Sebelum memulai perjalanan umroh, Anda perlu mempersiapkan diri dengan mempelajari segala hal yang berkaitan dengan umroh. Anda bisa membeli buku referensi atau buku panduan ibadah umroh.

Memilih agen travel umroh yang terpercaya

Sebaiknya Anda berhati-hati dalam memilih agen travel umroh karena saat ini banyak fenomena penipuan berkedok agen travel. Pastikan pula biro perjalanan Anda memiliki izin resmi untuk melakukan perjalanan umroh dan haji. Salah satunya yaitu Salam Tour – Travel Umroh, Haji Plus & Wisata Muslim.

Tahu aturan Ihram

Belajar untuk memahami segala aturan tentang Ihram pada saat umroh. Misalnya dilarang menutupi kepala dengan kain Ihram bagi pria. Jadi walaupun cuaca siang hari di tanah suci sangat panas, Anda dapat menahan diri untuk tidak melakukannya.

Aturan mencukur rambut

Jemaah pria dan wanita dianjurkan untuk memotong rambut mereka pada akhir umroh. Pastikan tukang cukur yang mencukur rambut Anda menggunakan pisau sekali pakai. Karena penggunaan pisau bergantian antarjemaah dapat berisiko penularan penyakit, seperti Hepatitis C. Sedangkan bagi jemaah wanita disarankan untuk memotong rambut saat Anda telah kembali ke hotel agar dapat melepas hijab dan memotong rambut Anda dengan leluasa.

Kunjungi Raudah

Raudah hampir tidak pernah kosong karena banyak orang yang berlomba-lomba untuk melakukan doa di sini. Beberapa jam sebelum fajar atau beberapa jam sebelum Isya atau merupakan waktu yang paling tepat bagi jemaah umroh untuk salat dan berdoa di Raudah.

Cari partner ibadah yang baik

Jika Anda pergi umroh dengan orang lain, pastikan bahwa mereka adalah orang yang dapat dijadikan sebagai rekan ibadah yang baik agar perjalanan spiritual Anda menjadi lebih maksimal. Mereka akan menjadi motivasi Anda untuk melakukan Tawaf tambahan, melakukan ibadah Tahajud di Masjidil Haram dan selalu menyemangati untuk melakukan hal-hal positif lain selama berada di tanah suci.

Gunakan pelembab

Menggunakan pelembab saat umroh ini sangat disarankan untuk para jemaah pria. Karena saat berada dalam keadaan Ihram, mereka hanya boleh memakai kain Ihram dan tidak diperkenankan untuk mengenakan apapun, bahkan pakaian dalam. Oleh sebab itu, kebanyakan dari mereka akan mengalami lecet pada beberapa lipatan tubuh.

Berdoa sebanyak-banyaknya

Ibadah umroh merupakan sebuah perjalanan spiritual yang telah dijanjikan Allah akan mendapatkan banyak pahala dan mengabulkan segala doa. Oleh sebab itu, gunakan kesempatan ini untuk berdoa sebanyak-banyaknya untuk diri sendiri, keluarga, kerabat, sahabat dan seluruh umat.

Demikian hal-hal yang wajib dipersiapkan sebelum berangkat umroh. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *